Travel Consultant : dekaes (BBM) | dekaes79 (YM)
Apa itu Traveler?

Sering berlibur dan menjelajahi berbagai daerah, apakah sudah dapat disebut traveler? Ternyata, ada perbedaan antara turis dan traveler.

Ada yang mengatakan jika seorang turis adalah traveler amatir, sementara traveler adalah seorang turis profesional. Lalu masuk kategori manakah Anda?

Perbedaan label turis atau traveler (penjelajah) sebenarnya terletak di cara bersikap dan tujuan utama seseorang ketika mengunjungi suatu tempat.

Berikut ini 10 perbedaan mendasar antara Turis dan Traveler :

1. Foto. Ketika membawa kamera, turis selalu sibuk mengabadikan hampir semua yang mereka lihat, termasuk foto diri sendiri di tiap tempat. Traveler tidak tampak sibuk memotret, tapi lebih menikmati berada di suatu tempat serta berinteraksi dengan sekitarnya, termasuk alam dan penduduk.

2. Cara Berpakaian. Turis berpakaian seperti biasa mereka berpakaian, atau yang lebih parahnya, mereka memakai kaos bertuliskan “I Love Bali” di Bali. Traveler mencari tahu seperti apa gaya orang lokal berpakaian dan berusaha menyesuaikan.

3. Cara Bepergian. Bagi turis, dipandu oleh pemandu wisata atau mengikuti paket tur perjalanan dari agen adalah syarat mutlak bepergian. Seorang traveler lebih senang mencari tahu sendiri dan menjelajahi suatu tempat tanpa bergantung pada pihak lain.

4. Perlengkapan. Turis terlihat menonjol karena selalu membawa kamera, guidebook, dan peta ke mana-mana. Traveler lebih suka membawa sedikit barang dan tidak terlihat membawa guidebook.

5. Rekomendasi. Turis sangat mempercayai apa yang ditulis di guidebook.
Traveler meminta saran kepada penduduk setempat tentang tempat apa saja yang baik untuk dikunjungi, ini bisa termasuk mencari tahu dari blog-blog pribadi penduduk setempat.

6. Prioritas. Bagi turis, pemandangan adalah nomor 1. Jika pemandangannya tidak seindah yang mereka harapkan, maka mereka akan menilai kota/tempat tersebut jelek. Traveler selalu berusaha belajar bahasa setempat serta senang berbincang dengan orang lokal, juga tertarik mempelajari budaya lokal unik yang berbeda dari tiap tempat.

7. Tempat Tujuan. Turis hanya tertarik mengunjungi semua tempat yang ada di daftar obyek wisata utama. Traveler lebih tertarik mengeksplorasi tempat yang belum terlalu ramai dan memiliki jarak lebih dekat dengan kehidupan nyata penduduk setempat.

8. Makna Bepergian. Bagi turis, bepergian hanyalah liburan/relaksasi. Bagi traveler, bepergian adalah sebuah journey atau perjalanan.

9. Makna Kenikmatan. Turis mengejar kenikmatan dari apa yang mereka harap mereka lihat. Traveler mendapat kenikmatan dari belajar sesuatu yang baru.

10. Setelah Bepergian. Turis pulang membawa ratusan foto untuk dipamerkan di jejaring sosial mereka. Traveler pulang membawa lebih dari itu, yaitu pengalaman dan cara pandang yang baru.

okezone

Di Mana?

Griya Sakinah 2 No. D6
Babelan Kota
Kab. Bekasi - 17610